Minggu, 06 Maret 2011

Website aneh, menjengkelkan, tidak jelas maksudnya

Posting kali ini berhubungan dengan tugas mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) untuk memberikan pendapat tentang interface sebuah website. Saya mengambil contoh dari Annoying Website. Tampilan websitenya seperti di bawah ini.


Ini adalah tampilan utama dari website http://www.themostannoyingwebsite.info/ .Seperti judul yang saya buat bahwa website ini aneh, menjengkelkan, dan tidak jelas karena :
  • Ketika pertama kali membuka website ini muncul suara orang berbicara tetapi tidak jelas maksud dari suara itu.   
  • Pada banner website yang atas (garis-garis vertical warna-warni) tidak adanya informasi atau tanda bisa di klik tetapi sebenarnya garis-garis tersebut bisa di klik, jika di klik akan muncul kotak pemberitahuan seperti gambar di bawah ini. mungkin maksud dari tampilan kotak di atas akan memberikan informasi tetapi malah akan membuat pengunjung website bingung apa maksud dari tulisannya tersebut. 

  

  • Pada umumnya tulisan Click Here!” bisa di klik dan akan menuju ke suatau alamat atau halaman tertentu tetapi dalam website ini tulisan Click Here!” ketika di klik tidak ada fungsinya tidak ada perubahan apa-apa.
  • Kotak input pencarian di sebelah kiri seperti gambar di bawah ini tidak jelas untuk isi dari inputannnya dan tombol yang digunakan pun menggunakan tulisan “DonT yaitu tulisan bukan yang mencerminkan untuk pencarian. Ketika diketikan angka atau huruf sama saja hasilnya yaitu berupa suara dan apapun yang diketikan pasti muncul dikotaknya seperti memasukkan password yaitu berupa titik hitam dan inputannya hanya dapat memasukkan satu angka atau huruf saja. 


Menurut saya, inti dari website ini aneh, menjengkelkan, dan tidak jelas maksudnya karena adanya kesalahan dari penggunaan tombol, adanya  hal-hal yang seharusnya dapat di klik ternyata tidak bisa. Jika ada gambar yang bisa di klik (hyperlink) sebaiknya ada tandanya saat mouse didekatkan ke gambar tersebut dan jika ingin memberikan kotak informasi dari gambar tersebut harus informasi yang jelas agar pengunjung dari website tidak bingung, biasanya gambar yang dapat di klik (hyperlink) untuk memunculkan gambar tersebut dalam bentuk aslinya bukan kotak informasi. Dan jika ada tulisan Click Here!” sebaiknya harus dapat berfungsi sebagaimana mencerminkan dari tulisannya yaitu dapat di klik dan dapat menuju ke suatu alamat atau halaman tertentu, jika memang tulisan tersebut tidak ingin berfungsi sebagai apa-apa sebaiknya tulisannya biasa saja jangan memakai tulisan yang umum digunakan untuk di klik. Gunakanlah kotak pencarian dan tombol sesuai dengan fungsinya dan buatlah website yang jelas maksudnya agar pengunjung tidak merasa kebingungan.






13 komentar:

  1. Bener tidak jelas,. kayaknya yang bikin ni website juga tidak jelas teh,. bisa jadi tujuan website ini cuma iseng2 aja ya,.. CMIIWWWW,...

    BalasHapus
  2. kayanya website itu emang ga jelas kayanya...!!!..dan memang wesite kgitoe udah banyak...!!! n emang cuma buat iseng2 buat pengunjung z...!!emang itu tujuan pembuat nya kali...he..he.e

    BalasHapus
  3. Bener-bener gag jelas, sepertinya yang buat dalam keadaan iseng..:D
    Dan ingin iseng juga kepada si pengguna/user..
    hihihi

    BalasHapus
  4. Wah aneh juga, kok saya ngga bisa nge klik "Click here"-nya ya, yoss?????!!!!

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. iya web apaan ya,...
    webnya aneh..
    gak jelas,..

    BalasHapus
  7. ngebaca oenjelasan'a aja bikin ngakak euy..hahha

    BalasHapus
  8. Liat antar muka webnya aja gw udah pusing yos..
    apalagi isinya yang bener2 gag informatif banget..:)

    BalasHapus
  9. dari URL websitenya juga dah hampir bisa ditebak seperti apa tampilan website yang sebenarnya. hehe.

    BalasHapus
  10. ini web nya sesuai deh ma nama web nya themostannoying....dari namanya aja orang males liat..heheheh...dont pada text box maksudnya apa aja nggak ngerti..lebih baik saya pilih close...hehehhe

    BalasHapus
  11. web yang alay. Perpaduan warna yang kontras ga jelas, font yang ga konsisten dan isi/content nya ga jelas ditujukan buat apa(ditambah lagi gambar kucing yang gazebo..). Yang aneh juja tombol dont nya, ga tau buat apaan.. bener-bener ga bermanfaat..

    BalasHapus
  12. bener banget, sepertinya web ini dibuat memang gak ada tujuannya.
    Dan yang lebih penting, interfacenya sangat menyalahi aturan dalam mendesain website

    BalasHapus
  13. yah...keren sih sebenernya...
    sesuai banget dengan namanya...
    klo gak ngesselin berarti dia gak sukses punya nama web ntu...
    hoho..

    BalasHapus