Sabtu, 05 Maret 2011

E-GOVERNMENT--TUGAS SKPL

E-GOVERNMENT

 1.1 Pengertian E-Government 
E-Government atau biasa disebut E-Gov adalah penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik, dimana terdapat suatu penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan dari teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, bisnis dan untuk menfasilitasi kerjasama antar institusi pemerintah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-government : 
  • menyediakan layanan dan menfasilitasi komunikasi antara pemerintah dan masyarakat (G2C-Government to Citizen)
  • menyediakan layanan dan menfasilitasi komunikasi antara pemerintah dengan sektor bisnis (G2B-Government to Business)
  • menyediakan layanan dan menfasilitasi komunikasi inter-pemerintah dan antar institusi pemerintah (G2G-Government to Government)
1.2 Tujuan E-Government
E-Government dibangun dengan tujuan antara lain: 
  • adanya pembentukan jaringan informasi, komunikasi, dan transaksi layanan publik yang tidak dibatasi oleh waktu dan lokasi, serta dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat
  •  adanya pembentukan hubungan interaktif antara masyarakat dengan dunia usaha
  • adanya pembentukan mekanisme dan saluran komunikasi dengan semua lembaga negara serta terdapatnya penyediaan fasilitas dialog publik
  • adanya pembentukan sistem manajemen dan proses kerja yang transparan dan efisien, serta memperlancar transaksi dan layanan antar lembaga pemerintah

1.3 Manfaat E-Government
E-government diharapkan dapat memberikan manfaat dalam hal: 
  • Layanan masyarakat yaitu memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, seperti informasi dari pemerintah dapat disediakan dalam 24 jam tanpa harus menunggu dibukanya kantor pemerintah dan tanpa harus datang lansung ke kantor pemerintah dengan kata lain informasi tersebut dapat diakses di kantor atau di rumah.
  • Hubungan antara pemerintah, masyarakat dan pelaku bisnis yaitu terjadi peningkatan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat dan pelaku bisnis. Diharapakan dengan adanya keterbukaan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik dan dapat menghilangkan rasa ketidak percayaan dari semua pihak kepada pemerintah.
  • Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yaitu pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui informasi yang mudah diperoleh. Adanya informasi yang mencukupi, maka masyarakat akan belajar untuk menentukan pilihannya di dalam mendapatkan suatu  informasi yang diperlukan.
  • Pelaksanaan pemerintahan lebih efisien yaitu dengan danya e-government diharapkan pelaksanaan pemerintahan akan berjalan lebih efisien karena koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi. Koordinasi dan diskusi antara pemerintah pusat dengan pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa harus berada pada lokasi yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar